PENUTUPAN MGMP MATEMATIKA POKJA WLINGI DENGAN KUNJUNGAN KE TEMPAT WISATA DI KABUPATEN PACITAN

A. PENDAHULUAN

Dalam rangka mengakhiri kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika, POKJA Wlingi, semester Genap tahun pelajaran 2014/2015, dan sesuai dengan rencana awal dari kegiatan MGMP, maka dilaksanakanlah kunjungan ke tempat Wisata yang ada di Kabupaten Pacitan.
Selain itu kegiatan ini juga dimaksudkan untuk sarana refreshing, setelah mengikuti kegiatan MGMP dalam 2 ( dua ) semester, di tahun ini sehingga diharapkan adanya komunikasi yang baik antara Guru dari beberapa sekolah yang tergabung di POKJA Wlingi, dan gairah mengajar setelah mengikuti kegiatan ini tentunya meningkat. Hal ini sesuai dengan asumsi seluruh peserta bahwa sehari semalam dalam kebersamaan dalam satu event dan di sana banyak kenangan positif, maka semakin dekat hubungan kekerabatan antara seluruh peserta MGMP. Komunikasi yang baik ini membantu guru mengatasi permasalahan mengajar dengan saling berkomunikasi dengan guru matematika antara sekolah atau lain sekolah.

B. TUJUAN KEGIATAN

Seperti diuraikan di atas, bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah membangun komunikasi yang baik antara sesame guru matematika khususnya guru matematika yang tergabung dalam POKJA Wlingi. Selain itu sebagai sarana Charge spirit mengajar, setelah sehari menikmati keindahan dan kesenangan di tempat wisata.

C. TEMPAT , PELAKSANAAN

Tempat wisata yang dikunjungi yang utama ada 3 ( tiga ) yaitu : Goa Gong, Pantai Kelayar, dan Air Hangat.
Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 5 Maret 2015. Berangkat pada hari Rabu tanggal 4 Maret 2015, pada pukul 22.00 WIB dari Blitar, dan pulang tanggal 5 Maret 2015.

D. PESERTA

Peserta kegiatan ini terdiri dari 25 orang, yang terbagi dalam dua kendaraan minibus (Elf, Isuzu). Tidak semua peserta MGMP mengikutinya , hal ini karena ada kesibukan masing – masing yang menuntut untuk tidak bisa ditinggalkan.
Sedangkan sekolah yang mengikuti adalah sesuai dengan jumlah sekolah yang tergabung dalam MGMP POKJA Wlingi, yaitu : SMPN 1 Wlingi, SMPN 2 Wlingi, SMPN 1 Gandusari, SMPN 2 Gandusari, SMPN 1 Talun, SMPN 2 Talun, SMPN 1 Garum, dan SMPN 2 Garum.

E. RANGKAIAN PELAKSANAAN KEGIATAN

1. Air Hangat.

Sampai di tempat ini pada pukul 03.50 WIB. Loketpun belum buka, sesampai di sini sebagian besar peserta berendam di air hangat setelah sholat subuh.
Keadaan air kolam cukup panas, namum karena di pagi hari dan setelah sekian menit penyesuaian maka panasnya air menjadi hangat. Semua peserta akhirnya bermain di kolam air hangat tersebut.
Kolam air hangat ini terletak di desa Karangrejo, kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan. Berikut beberapa foto kegiatan di kolam tersebut.

SAM_4759

Ini keceriaan Bapak – bapak berendam air hangat…….masa kecil ada yang kurang lengkap kayaknya….

SAM_4764

Sejenak istirahat sambil mengeringkan keringat…… mandi berkeringat

 

SAM_4765

Benar – benar capek, pesen pop mie belum jadi………capek deh!!!

SAM_4768

Keasrian alam di sekitar Air Hangat yang alami, seperti lukisan saja…

2. Goa Gong

Setelah dari Air Hangat maka kira – kira pada pukul 11.50 WIB rombongan sampai dil kolasi kedua yaitu Goa Gong, yang terletak di desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan. Goa ini terletak dibarat daya Air Hangat kurang lebih 50 km, searah ke Pantai Kelayar.

Perjalanan ke Goa ini melalui kota Pacitan, kota yang tidak begitu besar tapi tampak bersih dan rapi ( peraih adi pura 7 kali berturut – turut). Di kota pacitan rombongan makan pagi di Warung Bu Watik, dengan menu khas kota pesisir yang selalu ada olahan ikan lautnya.

Goa Gong terletak di atas bukit (gunung), menuju ke pintu Goa harus mendaki dulu tangga walau tidak begitu tinggi. Mulut Goa tidak begitu besar, namun begitu masuk goa tampak ruangan besar dan tinggi menanti, setelah sekian langkah menuju jalan datar. Ruangan itu seperti kubah besar dengan staglaktit dan staglakmit yang mulai kecil hngga besar menyerupai pilar penyangga goa, di mana – mana. Lampu hias selalu menyemburkan warna bergantian, namun air jatuh dari langit – langit goa cukup membasahi baju.

SAM_4783

di depan gerbang Goa Gong

SAM_4792

di dalam Goa jalan sempit

SAM_4786

di depan pintu Goa Gong

Blower menderu – nderu meniupkan angin mengurangi kepengapan dalam Goa. Setelah beberapa langkah jalan datar jalan lansung turun tajam, bersebelahan dengan jalan arah keluar, tetapi pegangan (pagar) dari stainsteel membantu setiap orang yang menuruni jalan itu. Jalan itu memasuki perut bumi dengan memutar se arah jarum jam. Pada dasar lantai ada lembaran staglaktit yang tinggi yang bila kita pukul dengan tangan berbunyi seperti Gong. Menurut guide di sana ada 2 (dua) tempat seperti itu.

Di suatu pojok jalan itu arah naik terdapat jalan sempit, hingga kita harus membungkuk bila melewatinya.

3. Pantai KelayarSAM_4797

Rombongan sampai di Pantai Kalayar sekitar pukul 12.30 WIB. Jarak Goa Gong ke Pantai Kalayar 15 km. arah barat daya Goa Gong. Akses jalan ke Pantai sangat baik, aspalnya hotmix, dan rata. Namun sekitar 5 km dari Pantai jalan sangat sempit dan tidak rata. Jika berpapasan dengan mobil lain maka yang satu haruSAM_4822s mengalah (berhenti) dulu.

Pantai kalayar cukup indah dan menawan. Tampak sekilas mirip pantai tanah lot, ada pulau tengah laut, karang yang tinggi, juga ada karang bolongnya. Namun perbedaanya tidak ada pura, dan letak semua itu di satu kawasan timur dari areal parker. Untuk ke sana bias menggunakan jasa sewa ATV.

SAM_4801 SAM_4811Menaiki ATV ternyata memberikan kesenangan sendiri, seakan adventure di gunung Merapi yang harus naik jeep terbuka. Jalan menuju ketempat di atas harus menyeberangi muara sungai kecil, berpasir lembek. Tak jarang ATV macet dan penumpang turun ikut mendorong ATV.

Sesampai di tempat seperti di atas kita masuk dengan membayar Rp 2000 untuk melihat air laut menyembur ke atas sesuai besarnya ombak laut selatan. Air itu adalah ombak yang masuk kecelah batu karang yang berlubang sempit, hingga air menyembur ke atas tinggi sekali, dan menderu. Di timur air itu terdapat pantai dengan dua warna yang berbeda. Yaitu satu sisi warna murni air laut berwarna biru, sisi lain memanjang keselatan warna air laut tampak biru keruh keclokatan, yang ternyata adalah air tawar yang membawa sedimen dari daratan.

Berikut gambaran dalam slide:

This slideshow requires JavaScript.

Demikian sekilas perjalanan dan suasana MGMP POKJA Wlingi melaksanakan kegiatan Penutupan MGMP sekaligus Refreshing, pada semester Genap tahun pelajaran 2014/2015.

Terima Kasih

Dilaporkan oleh: Bapak Minto (Guru SMPN 1 Gandusari)

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

2 Responses to PENUTUPAN MGMP MATEMATIKA POKJA WLINGI DENGAN KUNJUNGAN KE TEMPAT WISATA DI KABUPATEN PACITAN

  1. nurjaeni says:

    mas tolong dipun cek nggih ketawisipun wonten smp peserta mgmp ingkang dereng mlebet wonten peserta wisata

  2. Anonymous says:

    ngapunten fotone namung niku ingkang wonten kamera kulo, mbok menawi wonten ingkang kagungan foto konco SMP ingkang dereng kapacak wonten mriki, kulo nyuwun dikirimi. matur nuwun koreksinipun. Pak.

Leave a comment